Berdiri Pusat Pelatihan Padi Organik Pertama di Jatim

Pusat Pelatihan Budidaya Tanaman Padi Organik yang dibangun Pusat KUD Jawa Timur ini merupakan pertama yang ada di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di Dusun Kopen Desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, yang menempati lahan sekitar 2 hektar dan telah dilengkapi beberapa fasilitas sebagai sarana dan pra-sarana (20 asrama, ruang pelatihan, laboratorium, musholla, kantor dan lahan untuk praktek lapangan) untuk melatih khususnya bagi 702 anggota KUD Se-Jawa Timur, Kelompok Tani serta masyarakat yang konsen pada bidang Budidaya Tanaman Padi Organik.

Terobosan usaha yang dilakukan PUSKUD JATIM ini sebagai upaya untuk mengembalikan jatidiri KUD yang bergerak di sektor pangan sehingga harapan nantinya KUD akan mampu mengulang sejarah sebagai salah satu penyumbang terwujudnya swasembada beras nasional di masa mendatang.

Untuk menghasilkan budidaya tanaman padi organik varietas unggul, PUSKUD JATIM menggandeng NOSC (Nusantara Organik SRI Center) yang bermarkas di Sukabumi – Jawa Barat. NOSC sendiri sudah cukup lama dan sukses berkecimpung di Pelatihan Pertanian Padi dengan Metode SRI (System of Rice Intensification) dengan misi mewujudkan pertanian ramah lingkungan berbasis kemandirian petani dan kearifan lokal.

Bupati Madiun, H. Muhtarom S.Sos.,didampingi Ketua Umum Puskud Jatim, Drs.H.Mardjito Gisan Atmodjo dan Direktur Utamanya, H. Zainal Arifin SE,MM, secara resmi telah meresmikan Pusat Pelatihan Budidaya Tanaman Padi Organik pada 19 Maret 2014 dan sekaligus membuka angkatan pertama yang diikuti 20 peserta berasal dari anggota KUD di Jawa Timur. Simak laporan berikut ini ( berita selengkapnya bisa diunduh )


Berita Lainnya