Lembaga Diklat Profesi - Koperasi Jasa Keuangan (LDP-KJK) Puskud Jatim pada angkatan pertama ini, sebanyak 24 manager USP KUD (dari 30 peserta yang mengikuti uji kompetensi) dinyatakan lulus dan telah mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi - Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK) dari Jakarta.

PUSKUD JATIM pada September 2011 lalu, telah melakukan kerjasama antara Lembaga Sertifikasi Profesi - Koperasi Jasa Keuangan dari Jakarta pimpinan Drs. Setyo Hariyanto, MM. (kini menjabat sebagai Asisten Deputi bidang Pengembangan dan Pengendalian Simpan Pinjam dari Deputi Pembiayaan Kementerian Negara Koperasi/UMKM RI) dengan Lembaga Diklat Profesi - KJK Puskud Jatim dan juga sekaligus dilakukan Diklat Profesi bagi manager USP KUD anggota Puskud Jatim untuk angkatan I.

Diklat Profesi perdana KJK Puskud Jatim ketika itu dibuka oleh DR.Ir.RB.Fattah Jasin,MS., Kepala Dinas Koperasi/UMKM Propinsi Jawa Timur dan diikuti 30 peserta dari para manager USP KUD Terintegrasi di Jawa Timur, yang bertempat di Gedung Puskud Jatim lantai VII selama delapan hari.

Lembaga Diklat Profesi Koperasi Jasa Keuangan ( LDP - KJK ) merupakan lembaga Diklat yang merupakan instrumen dari Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI ) yang melaksanakan kegiatan Diklat berbasis Kompetensi sesuai dengan bidang dan profesi di dalam mengelola koperasi jasa keuangan dalam mewujudkan profesionalisme kerja bagi Pengelola KJK.

Lembaga Diklat Profesi juga memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LDP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan Diklat sesuai dengan standart yang telah diatur di dalam SKKNI - KJK.

Setelah peserta melaksanakan diklat maka dilanjutkan dengan Uji Kompetensi secara bertahap untuk mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP - KJK ) dimana sertifikasi tersebut mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ).