sendiri

Simpan Pinjam

Program Usaha Simpan Pinjam (USP) KUD Terintegrasi merupakan salah satu upaya PUSKUD JATIM untuk memberdayakan KUD Anggota yang sebagian saat ini usahanya mengalami kendala, yaitu dengan cara bekerja sama dalam mengelola USP milik KUD terutama KUD yang belum mempunyai Unit Simpan Pinjam atau yang sudah ada tetapi memiliki keterbatasan dalam modal maupun manajemen.

Unit Simpan Pinjam yang dibentuk melalui program ini berintegrasi dengan PUSKUD JATIM, dengan pengertian sinergi kelembagaannya, sedangkan manajemen/pengelolaan dan permodalan dibantu oleh PUSKUD JATIM, dan dalam pelaksanaan operasional secara berkala dilakukan supervisi. Bentuk kerjasama ini diatur dalam suatu unit otonom dalam perjanjian tersendiri antara PUSKUD JATIM dengan KUD, oleh karenanya program ini disebut USP KUD Terintegrasi.

Sampai dengan saat ini jumlah USP KUD Anggota yang sudah mengikuti program USP KUD Terintegrasi mencapai jumlah 82 KUD dan direncanakan hingga akhir tahun 2012 jumlah KUD Anggota peserta program tersebut dapat mencapai 200 KUD.

Sementara ini untuk mendanai keberhasilan program tersebut PUSKUD JATIM telah memperoleh kepercayaan pinjaman dari pihak lembaga keuangan seperti:

  • PT Bank Jatim
  • PT Bank Bukopin
  • Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Departemen Koperasi dan UKM


Usaha Sendiri Lainnya